Letkol Laut (P) Ivan Gatot Prijanto Pimpin Mako Lanal Nias - Media Jarak Pantau
Media Jarak Pantau News :
Home » » Letkol Laut (P) Ivan Gatot Prijanto Pimpin Mako Lanal Nias

Letkol Laut (P) Ivan Gatot Prijanto Pimpin Mako Lanal Nias

Written By Jarakpantau on Kamis, 20 November 2014 | 03.02





Proses peresmian markas komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kepulauan Nias di Telukdalam, Kamis (20/11). (foto/BUDI LAIA)

Nias Selatan | mjp

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr Marsetio meresmikan beroperasinya markas komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kepulauan Nias di Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan sekaligus mengukuhkan Letnan Kolonel Laut (P) Ivan Gatot Prijanto,SE menjadi Komandan Pangkalan Angkatan Laut Nias. 

Letkol Laut (P) Ivan Gatot Prijanto,SE merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-39 Tahun 1993 sebelumnya bertugas sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) persiapan pembentukan Lanal Nias. Kamis (20/11). Turut hadir para perwira AL, Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi, Bupati yang ada dikepulauan Nias, Kapolres Nias Selatan, Kajari, Polres Nias Selatan, Polisi PP Nisel, Kepala SKPD, mantan Anggota DPR RI, seluruh Anggota DPRD Nisel dan Tokoh Masyarakat Nias Selatan.

Pangkalan Angkatan Laut Nias yang terletak di Kecamatan Telukdalam ini merupakan pangkalan yang strategis karena dilengkapi pula dengan Kantor dimana sebelumnya telah berdiri Pos Angkatan Laut (Posal) tipe C yang diresmikan oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang pada Tgl 16 Oktober 2013 lalu selanjutnya karena letaknya dinilai sangat strategis dalam upaya mengamankan wilayah perairan sebelah barat pulau sumatera, maka Posal Telukdalam ditingkatkan statusnya menjadi pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tipe B.

 “Boleh dibilang ini lah pangkalan yang strategis yang dimiliki oleh angkatan laut,” kata KSAL Marsetio. “Olehnya, kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Nias Selatan beserta seluruh jajarannya dan Masyarakat Nias Selatan atas sumbangsihnya terhadap pedulinya pembangunan pangkalan ini,” ujarnya.
 
Nias merupakan pulau yang terletak di wilayah Samudera Indonesia, permasalahan kelautan diwilayah ini sangat menonjol mulai penjualan atau penyewaan pulau oleh orang asing, illegal fishing, illegar migrant, illegal Logging, termasuk rawan gempa bumi dan tsunami. Sehingga dibutuhkan kehadiran institusi TNI Angkatan Laut yang representatif di Kepulauan ini. Nias Selatan sendiri secara geografis berada disebelah barat Pulau sumatera dengan jarak sekitar 92 mil laut dari Kabupaten Tapanuli Tengah terdiri dari 35 Kecamatan, 459 Desa dan 2 Kelurahan dengan total jumlah penduduk sebanyak 375.698 jiwa. Kabupaten ini memiliki 104 Pulau, 21 Pulau berpenghuni sedangkan sisanya 83 tidak dihuni yang tentunya memiliki potensi laut yang besar serta membutuhkan pengawasan, tandasnya.

Dilanjutkan dengan Sekapur sirih, pemakaian baju kebesaran serta Kasal menerima penganugrahan gelar kehormatan adat Nias Selatan oleh Ketua Adat Nias Selatan. Monumen “Saonigeho” adalah seorang pejuang asal Nias Selatan yang memimpin pertempuran melawan penjajahan kolonial Belanda yang menguasai Pulau Nias pada Tahun 1856 lampau. 

Monumen Saonigeho dilengkapi dengan Tank dan meriam Korps Marinir ini disamping mengenang perjuangan Saonigeho dalam melawan penjajahan Belanda juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasanya. Penandatangan dokumen peresmian dilakukan oleh KSAL dan Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi serta pembukaan selubung peresmian Pangkalan Angkatan Laut Nias.  

Ketua Kordinator Peresmian markas komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kepulauan Nias di Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan Drs. Samolala Lase, dalam laporannya memaparkan, Keputusan Bupati Nias Selatan nomor 489 Tahun 2013 tgl 15 Oktober 2014 tentang pembentukan Panitia penyambutan peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Kepulauan Nias di Telukdalam. Pada kesempatan ini kami menghaturkan terima kasih banyak kepada semua pihak atas dukungan dan bantuannya sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik, terutama kepada personil Satgas TNI AL yang telah bertugas selama 2 Bulan, ujarnya.

Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita,S.Sos, dalam sambutannya mengatakan, peresmian Pangkalan Angkatan Laut di Nias Selatan merupakan momentum bersejarah bagi masyarakat Kepulauan Nias secara umum, dan masyarakat Nias Selatan secara khusus. “Kehadiran pangkalan angkatan laut untuk kepentingan masyarakat di seluruh Kepulauan Nias dengan tujuan untuk mencegah illegal fishing, illegal migrant dan illegal logging,” ajar Ketua DPRD Nisel.

Acara peresmian Lanal Nias dihadiri sekitar 5.000 warga masyarakat Nias dengan dimeriahkan demonstrasi kemahiran prajurit berupa atraksi terjun payung oleh prajurit satuan komando Pasukan katak Armada RI Kawasan Barat (Satkopaska Koarmabar). Dan Tari perang seta lompat batu serta pasawat yang melintasi Pangkalan Angkatan Laut Nias. (BUDI LAIA)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Hubungi Kami

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Buku Tamu

Recent Post

Comments

Advertisement With Us

 
BERIKLAN DI MJP - FACEBOOK - NONTON VIDEO
PARTNER LINK : MADO LAIA - DETIK.COM - TAMORANEWS.COM - INFOPATROLI.COM - MASJID ALFATTAH - UONG JOWO - MERDEKA.COM - UNIKNYA.COM
Copyright © 2015. Media Jarak Pantau - ALL RIGHTS RESERVED. AUTOR BY BUNGTARO INSPIRATIF TEMPLATE BY MAS TEMPLATE