SMA Negeri I Ulususua Peringati HUT PGRI Ke - 69 - Media Jarak Pantau
Media Jarak Pantau News :
Home » , » SMA Negeri I Ulususua Peringati HUT PGRI Ke - 69

SMA Negeri I Ulususua Peringati HUT PGRI Ke - 69

Written By Jarakpantau on Kamis, 11 Desember 2014 | 05.36



Kepala SMA Negeri I Ulususua, Yafaeli Bu’ulolo berphoto bersama guru-guru dan Ketua Komite seusai HUT PGRI
Seusai Upacara HUT PGRI, Kepala SMA Swasta AFORE Ulususua, Apeliyus Giawa SPd didampingi Ketua Yayasan Sokhinafaudu Giawa SPd berphoto bersama guru-guru beserta siswa/i di halaman sekolah
 HILIARAMBA  | jarakpantau

Setiap tanggal 25 November setiap tahunnya, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional, yang juga merupaakan hari lahirnya organisasi guru yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejarah perkembangan pendidikan telah mencatat sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, para pegiat pendidikan di nusantara telah mendirikan organisasi bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Anggotanya merupakan kalangan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah yang ada di tanah air. Kemudian pengurus dan anggota PGHB mengubah nama organisasi mereka menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Usai kemerdekaan 17 Agustus 1945, para pengurus dan anggota PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia yaitu tepat di 100 hari setelah tanggal kemerdekaan tersebut, 24 -25 November 1945. Kongres yang berlangsung di Kota Surakarta tersebut diadakan untuk mengikrarkan dukungan para guru untuk NKRI. Saat itu, nama organisasi PGI pun diperbarui menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sebagai apresiasi jasa dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para guru di tanah air, maka Pemerintah RI melalui Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sebagai Hari Guru Nasional. Keppres itu juga dimantapkan di UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang menetapkan tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional, yang kerap diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Kiprah guru sebagai pendidik, tauladan dan pemberi semangat kepada generasi penerus bangsa ini memang menjadi tugas yang berat, karena di tangan merekalah kelak generasi penerus bangsa ini akan meneruskan estafet pembangunan untuk Indonesia tercinta ini. Tidak heran jika dedikasi mereka di anugerahi sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

Dalam rangka peringatan HUT PGRI ini, diharapkan kepada rekan-rekan agar tetap melaksanakan dan menjaga fungsinya sebagai pendidik bagi siswa-siswi, berimplementasi dan beretika dalam memberikan pengarahan pelajaran terhadap para siswa.

"Dalam melaksanakan implentasi, guru harus beretika dan memiliki sifat menahan diri seperti Yesus. Jika hal itu ditanamkan, maka guru dapat dikatakan sebagai guru yang profesional," ujar Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Ulususua Kecamatan Ulususua dalam sambutannya saat memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) di halaman SMA Negeri tersebut, Senin (24-11) kemaren.

Mantan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ulususua tersebut mengharapkan kepada guru-guru yang mengabdi agar menjadikan HUT PGRI sebagai momentum untuk lebih proaktif dan tetap fokus bekerja dalam memberikan pelajaran terhadap siswa. Berkenaan dengan itu, para siswa/i juga diharapkan agar tetap mengikuti arahan yang disampaikan oleh guru dan tunjukanlah jati dirimu sebagai siswa baik didalam wilayah sekolah maupun diluar, tandasnya.  

Dalam kesempatan itu, Ketua Komite Sekolah Elirama Giawa atau yang sering disapa A. Garu mengatakan, bahwa dirinya sangat terharu dalam mengikuti peringatan Hari Guru karena seumur hidupnya baru kali ini mengetahui tentang adanya janji guru sebagai dua belas butir.
"Selama ini saya hanya tahu janji murid, tapi setelah mengikuti acara ini baru tahu bahwa ternyata ada janji guru. Untuk itu, saya mengharapkan kepada para siswa-siswa supaya lebih gigih belajar dalam menerima pelajaran dari guru dan hargailah segala pengabdian yang telah mereka berikan," ujarnya.

Pantauan wartawan koran ini pada upacara peringatan HUT PGRI di SMA Negeri I tersebut para siswa/i menyematkan bunga dan mememberikan topi kepada seluruh guru yang mengabdi sebagai hadiah serta dimeriahkan dengan perlombaan yang dilakukan oleh siswa/i seperti Futsal, Bola Volli Putra-Putri, Lari goni, lari Sendok, pembacaan Puisi, Pidato dan perlombaan tata cara menaikan bendera.

Adapun nama-nama guru yang mengabdi di SMA Negeri I Ulususua tersebut antara lain, YAFAELI BU'ULOLO,S.Pd selaku Kepala Sekolah, ROHATI GIAWA,SE sebagai guru PKS. URKUM, RAHATI GIAWA,S.Pd sebagai PKS.KESISWAAN, YOHANES LAIA,SH(Wali Kelas), SUKA BUDI LAIA,S.Pd (Wali Kelas), HASANUDDIN LAIA,S.Pd (Wali Kelas), FAOLOZIDUHU NDRURU,A.Md, MELINA GIAWA,S.Pd, (Wali Kelas), KALVIN DAUD BUULOLO,S.Pd, AHLAN LAIA,S.PAK, NISCAYA LAIA,S.AG, MARIANUS BUULOLO,SH, (Wali Kelas), EKA PRASETIA BUULOLO,S.Pd, TERSERAH LAIA,S.PDK, FENIYUS LAIA,S.Pd, MAHAELI NDRURU,S.Pd, RUSLINA NDRURU,S.Pd, (Wali Kelas), PERJUANGAN GIAWA dan DEVI ARNITA GIAWA.

Sementara itu, Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta AFORE Ulususua juga melangsungkan peringatan HUT PGRI dihalaman sekolah tersebut yang langsung dipimpin oleh Kepala Sekolah, Apeliyus Giawa, SPd dan Ketua Yayasan Sokhinafaudu Giawa,SPd didampingi 16 orang guru.

Dalam peringatan tersebut diikuti oleh 165 orang siswa-siswi sembari menyematkan bunga dan memberikan baju kaos kepada para guru sebagai hadiah. Acara sederhana itu dimeriahkan dengan perlombaan Futsal dan bola Voly Putra-putri.

“Dengan adanya HUT ini, saya harapkan kepada para bapak dan ibu guru untuk lebih giat memberikan materi pelajaran dan proaktif memberikan les tambahan Komputer kepada siswa/i agar nantinya dalam menghadapi ujian berjalan sukses,” ujar Apeliyus Giawa.
(BUDI LAIA)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Hubungi Kami

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Buku Tamu

Recent Post

Comments

Advertisement With Us

 
BERIKLAN DI MJP - FACEBOOK - NONTON VIDEO
PARTNER LINK : MADO LAIA - DETIK.COM - TAMORANEWS.COM - INFOPATROLI.COM - MASJID ALFATTAH - UONG JOWO - MERDEKA.COM - UNIKNYA.COM
Copyright © 2015. Media Jarak Pantau - ALL RIGHTS RESERVED. AUTOR BY BUNGTARO INSPIRATIF TEMPLATE BY MAS TEMPLATE