Pangkalan Pendaratan Ikan Akan Dibangun di Teluk Dalam - Media Jarak Pantau
Media Jarak Pantau News :
Home » » Pangkalan Pendaratan Ikan Akan Dibangun di Teluk Dalam

Pangkalan Pendaratan Ikan Akan Dibangun di Teluk Dalam

Written By Jarakpantau on Kamis, 11 Desember 2014 | 05.09


Kadiskanla Nisel Drs Samolala Lase didampingi Mayor (AL) Tio Pasaribu dan para Konsultan

 Teluk Dalam | jarakpantau

Dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nias Selatan dalam memajukan program perikanan khususnya hasil tangkapan ikan nelayan sangat dibutuhkan untuk menyediakan segala fasilitas di pangkalan pendaratan ikan di Teluk Dalam. Jika hal itu telah tersedia, maka para nelayan di ini tersebut akan berhasil sebagaimana mestinya.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara (Diskanla Sumut) diwakili oleh Ir. Matius Bangun dalam acara Konsultasi Publik Penyusunan Review Desain Pangkalan Pendaratan Ikan Teluk Dalam yang diselenggarakan di Hotel Hernelis Jalan Dermaga Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan, Kamis (11/12) kemaren.

Dikatakannya, sesuai Undang-Undang No. 31 Tahun 2004 jo UU No. 45 Tahun 2009 tentang Pelabuhan Perikanan menjelaskan bahwa tempat daratan dan perairan disekitarnya dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintah dan kegiatan sistem bisnis perikanan yang digunakan sebagai tempat kapal perikanan bersandar, berlabuh atau bongkar muat ikan harus dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang perikanan.

Hal senada juga dipaparkan, Ir Juliani yang merupakan Konsultan dari CV. Persada Nusantara mengatakan, dalam rangka menunjang fungsi pelabuhan perikanan harus memiliki fasilitas yang terdiri dari, fasilitas pokok yakni fasilitas yang langsung dibutuhkan untuk kelancaran keluar masuknya kapal di pelabuhan perikanan antara lain, lahan, dermaga, kolam pelabuhan, jalan komplex dan drainase. Fasilitas fungsional meliputi tempat Pemasaran Ikan (TPI), Navigasi Pelayaran dan komunikasi, air bersih, instalasi bahan bakar minyak (BBM), es, instalasi listrik, tempat pemeliharaan kapal dan penangkapan ikan dan lainnya. Serta fasilitas penunjang yang merupakan secara tidak langsung menunjang kelancaran fungsi pelabuhan antara lain Pos Jaga dan kamar mandi, cuci, kakus (MCK).

Menurut Juliani, berdasarkan Permen No. 08/Men/2012Pelabuhan Perikanan diklasifikasikan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan termasuk dalam tipe C PPI karena mampu melayani kapal perikanan yang melakukan kegiatan perikanan di perairan. Memiliki fasilitas tambat labuh kapal berukuran sekurang-kurangnya 10 GT dan sebagainya. Hal inilah yang dapat memberikan masukan bagi Kementerian Kelautan dan Perikanan agar mengucurkan dana untuk membangun Pangkalan Pendaratan Ikan di Teluk Dalam, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadiskanla) Kabupaten Nias Selatan, Drs Samola Lase mengucapkan terimakasih atas paparan masukan yang disampaikan oleh Matius Bangun dari Diskanla Sumut dan juga tim Konsultan dari CV. Persada Nusantara dan dirinya berencana akan membawa makalah rencana pembangunan tersebut ke Bupati dan Ketua DPRD Nisel dan selanjutnya akan mengahadap Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta.

“Sore ini saya akan menghadap Bupati dan Ketua DPRD membahas makalah ini dan jika tidak ada halangan selanjutnya bersama dengan tokoh masyarakat Nisel yang ada di Jakarta akan menghadap Menteri Kelautan dan Perikanan RI,” tandas Samolala Lase.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Nisel Drs Fabowosa Laia Msi bertugas sebagai moderator, mewakili Kapores Nisel, Dan Lanal Nias diwakili oleh Mayor (AL) Tio Pasaribu, UPT Diskanla Nisel Merdin Lo’i SE, para Nelayan Teluk Dalam dan Pulau Tello serta para staf Diskanla Nisel.  (Budi Laia)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Hubungi Kami

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Buku Tamu

Recent Post

Comments

Advertisement With Us

 
BERIKLAN DI MJP - FACEBOOK - NONTON VIDEO
PARTNER LINK : MADO LAIA - DETIK.COM - TAMORANEWS.COM - INFOPATROLI.COM - MASJID ALFATTAH - UONG JOWO - MERDEKA.COM - UNIKNYA.COM
Copyright © 2015. Media Jarak Pantau - ALL RIGHTS RESERVED. AUTOR BY BUNGTARO INSPIRATIF TEMPLATE BY MAS TEMPLATE